Assalamu'alaikum, Konnichiwa, Annyeong Haseo \(^_^)/ Welcome To Monchan's World, Hope U will find what U looking for, Happy reading!!!

Sabtu, 13 Juli 2013

[INFO KESEHATAN] Inilah 5 Cara Agar Tubuh Tidak Bertambah Gemuk Saat Puasa!

Inilah 5 Cara Agar Tubuh Tidak Bertambah Gemuk Saat Puasa

DREAMERSRADIO.COM - Puasa memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Jika dijalankan dengan baik dan benar puasa juga bisa menjadi sarana untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata sebagian orang justru mengalami peningkatan berat badan di bulan puasa.

Hal ini disebabkan bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka. Dreamers, mengkonsumsi makanan berlemak tinggi atau balas dendam saat berbuka juga bisa menjadi faktornya. Selain itu, saat berpuasa secara otomatis sistem metabolisme tubuh mengalami perubahan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips-tips yang bisa dicoba untuk mencegah berat badan bertambah :



Atur porsi kalori dan nutrisi dengan tepat

Tubuh membutuhkan konsumsi kalori dan nutrisi yang seimbang selama berpuasa. Makan dengan kalori berlebih dapat menyebabkan tubuh menimbun lemak. Aturan asupan nutrisi yang baik terdiri dari 50% karbohidrat kompleks, 40-45% protein, dan 5-10% lemak sehat di porsi makan. Sedangkan pembagian kalori dari porsi makanan yang baik yaitu 10-15% saat berbuka, 30-35% saat makan malam, 10-15% setelah selesai sholat tarawih, dan 30-35% saat sahur.


Jangan makan langsung dalam porsi besar

Pada saat adzan maghrib menandakan waktu berbuka sebaiknya makanlah makanan manis dalam porsi sedikit. Hindari langsung menyantap hidangan dalam porsi besar. Selain dapat menyebabkan tubuh bertambah gemuk, makan berlebihan saat berbuka juga mengganggu sistem pencernaan sehingga lambung tidak nyaman.


Hindari minuman dingin dan soda berlebih

Minuman dingin dan bersoda memang tidak dianjurkan sebagai menu berbuka. Tapi minuman dingin dan soda sangat segar untuk mengatasi keringnya tenggorokan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi 2 minuman ini secara berlebihan. Minuman dingin dapat membuat lemak tubuh mudah membeku, sedangkan soda mengandung pemanis buatan yang dapat memicu kegemukan.


Jangan melewatkan sahur

Sahur menjadi hal yang sangat penting saat berpuasa. Sebaiknya lakukan sahur dekat dengan waktu imsak. Sahur juga mencegah rasa lapar berlebihan sehingga tidak merasa harus makan berlebih dan melakukan balas dendam saat berbuka.


Hindari langsung tidur setelah sahur

Sahur terlalu awal kemudian langsung tidur sebelum waktu imsak sebaiknya dihindari. Karena hal ini dapat menyebabkan penimbunan lemak akibat kelebihan energi karena minimnya aktivitas. Selain itu hal tersebut dapat membuat tubuh cepat merasa lapar dan mengantuk, Setelah sahur setidaknya sempatkan untuk berolahraga kecil.




Cr. Dreamersradio.com
Shared By. Monchan @bwonchel.blogspot.com

TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Faith

Faith
New Drama of Lee Min Ho